A. Apa
itu SEO?
Kita sering kali melakukan pencarian
website di Google, Yahoo!, Bing, ataupun mesin pencari lainnya, kita dapat
melihat daftar website yang relevan dengan pencarian kita. Mesin pencari
tersebut mengurutkan hasil pencarian bukan secara acak, tetapi berdasarkan
tingkat viewers atau juga kualitas website. Itulah beberapa faktor yang
dilatarbelakangi oleh SEO.
Kenalan dulu yuk, apa itu SEO?
B. Pengertian
SEO
SEO kepanjangan dari Search Engine
Optimization adalah usaha-usaha mengoptimasi website untuk mesin pencari agar
mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian. Atau juga bisa di
definisikan salah satu cara untuk mempopulerkan website yang kita buat (agar
banyak yang mengunjungi).
Mesin pencari menggunakan algoritma
tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan ranking dengan
menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut.
C. Pilar-pilar
SEO
1. Kontruksi WEB
(HTML & CSS)
Upaya optimasi web melalui kontruksi
atau struktur internal maupun eksternal di sebuah website.
2. Metadata /
Metatag
Bagian dari struktur kode HTML yang
berfungsi untuk merekam atau mendokumentasikan setiap halaman dari website atau
situs yang telah di publikasikan.
3. Keyword / kata
kunci
Salah satu faktor yang mendorong agar
di lihat pengunjung.
4. Optimasi
Teknis (Webmaster, add URL, Back Link)
Mengoptimasi keseluruhan apa yang ada
dalam website yang kita buat dengan tujuan meningkatkan rangking website kita, seperti
konten – konten di website kita.
D. Manfaat
SEO
1. Menjadikan WEB
di Page 1 di SE
Karena banyaknya pengunjung yang
mendatangi website kita, maka website kita pun semakin di kenla oleh banyak
orang, dengan konten-konten yang di sesuaikan dengan minat pengunjung yang di
bidik.
2. Menguatkan
Aset Digital
Memperketat reputasi online / aset
digital agar baik di mata konsumen.
3. Dalam Segi
Pemasaran & Publikasi
Dengan menggunakan SEO yang tepat,
kita bisa menarik perhatian konsumen – konsumen baru karena isi web / blok
milik kita.
E. SEO
PROCESS
Berikut proses yang digunakan SEO
untuk meningkatkan Rangking dalam SE :
1. Analisis Web
Mengukur, Mengumpulkan, dan
menganilisis data internet untuk tujuan memahami dan mengoptimalkan penggunaan
WEB.
2. Client
Requirement
Mengutamakan kebutuhan klien dan
menjadikan prioritas untuk membangun website.
3. Keyword
Research
Optimalkan kata kunci pada situs blog
kita.
4. Content
Writing
Menulis atau membuat konten semenarik
mungkin.
5. Website
Optimizition
Memastikan mesin pencari bisa
menemukan dan menjelajah situs web kita.
6. SEO Submission
Mengumpulkan sejumlah backlink, dengan
mengirimkan URL situs web kita ke situs penyerahan direktori.
7. Link Building
Melakukan teknik tertentu agar website
lain mau memberikan link ke website kita.
8. Reporting
Melakukan pemantauan keberhasilan strategi
SEO
F. Faktor
Pendukung SEO
1. Social Media
Yang dulunya Social Media hanya di
gunakan untuk bercanda, berdiskusi dan saling sapa. Namun sekarang sudah sangat
banyak orang yang berjualan dan menjajakan jasanya melalui social media.
2. Backlink
Backlink yaitu sebuah link yang di
tanamkan di berbagai website lain dan mengarahkannya ke website kita. Dengan tujuan
meningkatkan tingkatan website kita pada SE dan juga bisa meningkatkan
popularitas website kita.
3. Optimasi
Dengan melakukan proses SEO dengan
cermat dan tepat, kita dapat meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin
pencari menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja
alami algoritma mesin pencari (SE).
Pembahasan tersebut saya rangkum atas
penjelasan yang saya terima dalam seminar yang di adakan di STMIK ASIA Malang
dengan tema : “KONSTRUKSI SEO UNTUK WEBSITE”, dengan pembicara Budi Fajar
Suprianto dan kebetulan beliau alumni STIMIK ASIA Malang. Gagasan yang dia
paparkan sangat baik dan mudah untuk di pratekkan untuk kita yang ingin lebih
mempelajari SEO.
(Gambar Bpk.
Budi Fajar Suprianto menjelaskan proses-proses SEO)
0 komentar:
Posting Komentar