Selasa, 29 Mei 2018

KULIAH TAMU 3 - Bpk. Dr. David Sukardi Kodrat., MM., CPM (Dosen Pascasarjana Universitas Ciputra)



Assalamualaikum Wr. Wb. Marhaban Ya Ramadhan..

Hari Ini saya akan memposting tentang kuliah tamu Business Practice ke-3 pada kamis tanggal 17 mei 2018 kemarin. Dan kali ini yang menjadi Narasumber yaitu : Bpk. Dr. David Sukardi Kodrat., MM., CPM

Berhubungan dengan karakter entrepreneur, menurut Prof. Allan Gibbs ada 3 karakter pengusaha yaitu:
Entrepreneurial Behaviour : opportunity seeking, , selalu melihat peluang selalu dipenuhi dengan pikiran peluang bisnis. Contoh : disaat orang lain / orang biasa melihat itu tumpukan kayu bahkan dianggap sampah, tapi pengusaha melihatnya itu adalah sebuah peluang, tumpukan kayu itu adalah rumah, bisa dinding, bisa meja, dll
Entreprenurial Attributes : achievement orientation and ambition, selalu punya karakter mengejar prestasi lebih, lebih, dan lebih. Karena tidak pernah puas dengan apa yang dicapai.
Entrepreneurial Skills : creative problem solving, ketrampilan, mereka memecahkan masalah dengan kreatif. kunci menjadi pengusaha sukses. bagian dari keputusan, pilihan kita menentukan kesuksesan kita. skill dan naluri harus dilatih dan harus diseimbangkan, naluri diambil dari pemilihan keputusan.


JOB DISC
Manufacture 
Dalam perusahaan manufaktur kegiatannya yaitu ,Pengadaan bahan baku dan material,Pergudangan/ penyimpanan bahan dan produk, Pengiriman produk, Proses produksi, Penjaminan kualitas bahan dan produk
Pengembangan produk, Pemeliharaan mesin
Retail
Dalam perusahaan retail  kegiatannya yaitu Buka-tutup toko, Pengadaan-penerimaan barang  dan perlu memperhatikan Kebersihan toko, Layanan konsumen, Display produk, Layout toko, Desain dan warna cat toko, Pemilihan lokasi toko dan Bangunan toko.
Jasa
Ciri-ciri dari perusahaan Jasa yaitu : Tidak memiliki persediaan, Pembelian langsung dimasukkan dalam peralatan dan perlengkapan, Tidak ada harga pokok penjualan (HPP)

Mungkin itu saja review / resume dari pembahasan dari Bpk. Dr. David Sukardi Kodrat., MM., CPM. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Terimakasih
Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar