Selasa, 29 Mei 2018

PROJECT 3 "Kesuksesan" - Japan Culture Daisuki




Assalamualaikum Wr. Wb. Marhaban Ya Ramadhan..




Hallo kembali lagi dengan postingan saya. 


Ok.. Postingan saya kali ini akan membahas tentang hasil wawancara saya dengan tema Kesuksesan dari Japan Culture Daisuki.


Sebelum kita menuju ke Q & A, kita membahas Profil singkat Japan Culture Daisuki terlebih dahulu.



Japan Daisuki Pertama kali didirikan, dibentuk pada Agustus 2014. Misi kami adalah menyajikan informasi, berita, dan materi edukatif seputar Kebudayaan Jepang dan hubungannya dengan Indonesia. Jepang adalah negara yang amat kaya akan budayanya dan juga sangat maju pada teknologinya, itulah sebabnya banyak sekali para pecinta negara Jepang yang bermunculan di Indonesia.
Selain menyajikan berita, dan artikel menarik seputar negara Jepang, kami juga menyediakan materi Belajar Bahasa Jepang, yaitu Nihongo Dekimasu (atau Bisa Berbahasa Jepang) yang diambil dari beberapa video Erin Ga Chousen, dan materi yang diambil pula dari buku Minna no Nihongo. Bagi penggemar yang tertarik belajar bahasa Jepang, tentunya ini akan sangat berguna.
Target pengguna dari situs ini adalah mulai dari usia anak-anak, remaja hingga orang dewasa yang tertarik dengan Jepang. Untuk itulah kami menyusun bahasa di situs ini agar sesuai dengan tata bahasa baku Indonesia. Dengan maksud tetap menjaga bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Kami mendukung penuh komunitas-komunitas lokal yang berhubungan dengan Jepang yang mereka ingin dipromosikan di situs ini.
Komunitas-Komunitas Lokal tersebut antara lain:
1. Band
2. Theater
3. Komunitas Otaku/Anime/Cosplay/Manga/dll
Sekarang kita ke Q & A kelompok kami dengan Para Crew Japan Culture Daisuki
1.       Dalam bidang bisnis apakah usaha anda bergerak? Produk apa sajakah yang anda tawarkan?
Japan Culture Daisuki bergerak dalam bidang industri kreatif yang lebih fokus ke arah event organizing. Jika yang dimaksud sebagai produk adalah event yang dibuat, maka Japan Culture Daisuki memiliki beberapa event, yaitu Daisuki! Japan Festival dan Utsuru! serta beberapa event minor yang eventually diadakan dan bukan merupakan event tahunan.

2.       Strategi apa saja yang digunakan dan diterapkan pada usaha tersebut?
Strategi utama yang digunakan adalah inovasi. Memberikan hal-hal dan pengalaman baru kepada pengunjung dan membuat kesan yang baik bagi pengunjung.

3.       Jelaskan tentang latar belakang dan sejarah usaha yang anda jalani!
Japan Culture Daisuki terbentuk setelah event Japan Romantic Festival yang diadakan pada Februari 2012 di SMA Negeri 3 Malang di bawah komunitas J-Zone. Setelah event berakhir, beberapa panitia yang memiliki passion yang sama untuk membuat event membentuk komunitas yang fokus pada pembuatan event, yaitu Japan Culture Daisuki, yang saat itu beranggotakan 27 member. Kemudian disusunlah sebuah rencana untuk membuat rangkaian event Daisuki! Japan di sekolah-sekolah dengan visi untuk menjadi media gathering komunitas pop culture Jepang selain dua event besar yang sudah ada di Malang, yaitu B-Bunkasai dan Isshoni Tanoshimimashou.

Menuai reaksi positif dari banyak kalangan, Japan Culture Daisuki membesarkan skala Daisuki! Japan dengan menggelar di Dome Universitas Muhammadiyah Malang. Seiring dengan berjalannya waktu dan banyaknya event yang telah dijalani, Japan Culture Daisuki mulai melangkah ke arah yang lebih profesional dan tidak lagi berformat komunitas. Dengan sisa member sebanyak 6 orang, Japan Culture Daisuki justru menjadi semakin solid karena sistem koordinasi dan komunikasi semakin baik.

4.       Jika terjadi pasang surutnya usaha, bagaimana menyikapi hal tersebut?
Pasang surut usaha tentu tidak dapat dihindari. Dan tim Japan Culture Daisuki memandang hal ini sebagai tantangan untuk menjadi lebih baik lagi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan meningkatkan skill dan kreativitas dengan mengirim member Japan Culture Daisuki ke event berskala besar di Asia seperti Comiket (Jepang), Anime Festival Asia (Indonesia / Singapore / Thailand), Comic Fiesta (Malaysia), Doujin Market (Singapore),  Game Start (Singapore) dan masih banyak lagi untuk melakukan studi event.

5.       Visi dan misi untuk usaha ini?
Visi Japan Culture Daisuki adalah untuk menjadi sebuah media yang terpercaya, baik untuk mendukung perkembangan pop culture Jepang, memperkenalkan kebudayaan Jepang, dan juga untuk menjadi pasar yang baik untuk perusahaan untuk merilis maupun memasarkan produknya.

Mungkin ada yang ingin tahu Crew dari Japan Culture Daisuki.
saya tampilkan Crew dari Japan Culture Daisuki. 

Ada yang Kepo-kah dengan hal-hal apa saja yang di lakukan Japan Culture Daisuki ini?
saya ada Videonya.


Mungkin itu saja pembahasan dan juga hasil Wawancara saya untuk Japan Culture Daisuki .. 
Kurang lebihnya mohon maaf. sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Terimakasih juga untuk para Crew Japan Culture Daisuki.

IG : culture_daisuki
Website : https://japandaisuki.com/


Share:

0 komentar:

Posting Komentar